Cara Membuat Slip Gaji dengan Mail Merge Word 2007 dan Excel Sebagai Databasenya

Bagi Anda yang bekerja sebagai Staff personalia atau Staff penggajian biasanya berhubungan dengan data karyawan seperti absensi,data lembur, input data gaji dll, mungkin bagi perusahaan yang sudah munafit  mereka memiliki program penggajian yang sudah terprogram automatis tapi bagaimana jika perusahaan tempat anda bekerja belum ada sistem penggajian yang terprogram?.Anda bisa manfaatkan Ms Excel dan Word untuk mencetak data gaji karyawan dengan memanfaatkan Mail Merge di Word.

Berikut Cara Membuat Slip Gaji Karyawan dengan Mail Merge :


1. Buat dulu tabel database "Gaji Karyawan" dengan Excel simpan dengan nama file anda inginkan, tabelnya seperti gambar dibawah ini:

Tabel Gaji



2. Setelah membuat tabel gaji di Excel ,sekarang buka Ms Word 2007 aturlah halaman menjadi 2 kolom dengan cara :
klik Page Layout > klik Columns > Pilih Two dan buatlah template label gajinya seperti gambar dibawah:

Draft data gaji di word

3.Masih di word 2007 kemudian klik Mailings > Star Mail Merge > Step by step Mail Merge lihat gambar dibawah :




4. Kemudia pilih  Letters dan klik Next Starting document yang ada disamping kanan layar lihat gambar dibawah


5. Kemudia pilih Select Recipients seperti gambar dibawah :


6. Kemudian pilih file database yang Anda buat di excel tadi klik Open,lihat gambar dibawah:




7. Kemudian pilih Sheet  yang Anda buat tadi Excel ( biasanya Sheet1) tekan OK dan OK, lihat gambar dibawah ini:




Mail Merge Recepients

8. Kemudian Pilih menu Mailings dan Insert Merge Field pilih Field susuai gambar Mail Merge Recepients diatas dimana kursor harus barada di depan label yang akan diisi
F2:NAMA    F3:GAPOK  F4:TRANSPORT dst.......




9.   Kemudian isikan satu per satu dengan menekan Insert Merge Field,hasilnya akan tampak seperti gambar dibawah




10. Setelah itu klik Preview Result seperti gambar dibawah








11. Untuk menuju record berikutnya klik Simbol arah panah pada gambar diatas

Catatan:
Untuk menambahkan format Rp tekan ALT+F9 kemudian tambahkan \#Rp#,##0 sehingga menjadi {MERGEFIELD F8\#Rp#,##0},TEKAN ALT+F9 kembali ke normal

Sekian tutorial membuat slip gaji dengan Word, semoga bermanfaat.....

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Membuat Slip Gaji dengan Mail Merge Word 2007 dan Excel Sebagai Databasenya"

  1. salam. kak gimana caranya supaya bisa nambahin koma atau titik di nominal gajinya?

    ReplyDelete
  2. Ayo bergabung di AGENS128
    Kini hadir SPORTSBOOK Deposit via pulsa min 25rb di AGENS128 !!

    Tunggu Apalagii Langsung saja BERGABUNG dengan AGENS128 dan Masih banyak PROMO dan BONUSS Menarik !!!

    INFO lebih lanjut bisa langsung ke http://bit.ly/s128agen

    Untuk info lebih lanjut hub contact :
    Whatsapp : 0852-2255-5128

    ReplyDelete